Fakta Menarik Aktivitas Online Pengguna Internet Setiap 60 Detik

Setiap detiknya, jutaan pengguna Internet di seluruh dunia melakukan aktivitas online yang terus meningkat.

Setiap detiknya, jutaan pengguna Internet di seluruh dunia melakukan aktivitas online yang terus meningkat.

Penggunaan Internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia modern. Seiring dengan perkembangan teknologi, aktivitas online pengguna Internet semakin meningkat setiap tahunnya. Frasa “Internet tidak pernah tidur” menggambarkan betapa Internet selalu aktif dan tidak pernah berhenti.

Banyak platform digital seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, Tinder, YouTube, dan lainnya yang menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari pengguna Internet. Setiap menitnya, selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan sepanjang tahun, aktivitas online pengguna Internet terus berlangsung.

Perusahaan yang mengelola data berbasis cloud, Demo melakukan perhitungan atas seluruh aktivitas online pengguna Internet pada tahun 2022, terungkap fakta-fakta menarik. Melalui infografis “Data Never Sleeps 10.0“, kita bisa melihat gambaran tentang aktivitas yang terjadi di Internet setiap 60 detik atau satu menit.

Sebagaimana data yang dihimpun GlobalXtreme dari laporan SocialMediaToday yang dilansir KompasTekno menunjukkan aktivitas online pengguna di berbagai platform selama satu menit pada tahun 2022. Laporan ini mencakup beberapa platform yang sangat populer, termasuk Facebook, Tinder, Youtube, dan Google.

5,9 Juta pencarian di Google dalam 1 menit

Menurut laporan tersebut, Google mencatatkan sejumlah 5,9 juta pencarian yang dilakukan mesin pencarian dalam satu menit pada tahun 2022. Berdasarkan hasil ini, terjadi peningkatan dibandingkan 2013 lalu di mana hanya sekitar 2 juta pencarian oleh pengguna mesin pencarian Google dalam satu menit.

66.000 foto diunggah di Instagram

Laporan ini mencatatkan terdapat 66.000 unggahan foto di platform Instagram selama satu menit di mana hal ini meningkat dari total pada 2013 sejumlah 3.600 foto saja.

1,7 juta konten dibagikan ke Facebook

Pada 2022, laporan menunjukkan bahwa terdapat 1,7 juta unggahan konten yang dibagikan selama satu menit. Sedangkan jika dibandingkan pada tahun 2013, konten yang dibagikan selama satu menit tercatat 684.000 konten.

347.000 twit di Twitter

Jumlah twit di Twitter pada tahun 2013 sejumlah 102.000 kicauan dalam satu menit. Sedangkan peningkatan terjadi pada tahun 2022 mencapai 347.200 twit selama satu menit.

500 jam video diunggah di YouTube

Pada 2022, total 500 jam video yang diunggah ke YouTube setiap 60 detik. Tahun 2013 silam, tercatat hanya video yang diunggah berdurasi 48 jam saja setiap menit.

1,1 juta swipe di Tinder

Aplikasi ini mencatatkan angka yang sangat tinggi dalam hal aktivitas pengguna selama satu menit pada tahun 2022. Dalam waktu 60 detik, pengguna Tinder melakukan lebih dari 1,1 juta swipe ke kiri dan kanan. Swipe ke kiri menunjukkan ketidaksukaan terhadap profil pengguna lain sementara swipe ke kanan menunjukkan ketertarikan.

230 juta e-mail terkirim

Pada tahun 2022, pengguna Internet global diketahui mengirimkan lebih dari 231,4 juta email setiap detik melalui berbagai platform. Angka yang luar biasa ini menunjukkan bahwa email masih merupakan alat komunikasi paling populer di era digital ini.

104.000 jam rapat online di Zoom

Tidak dapat dipungkiri bahwa Zoom telah menjadi platform yang sangat populer untuk rapat online di era digital ini, terutama sejak pandemi melanda dunia. Pada tahun 2022, pengguna global dilaporkan telah melakukan lebih dari 104.600 jam rapat online di platform ini. Angka yang luar biasa ini menunjukkan betapa pentingnya Zoom sebagai alat komunikasi dan kolaborasi yang efektif bagi banyak orang di seluruh dunia.

2,4 juta Snap

Snapchat telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di antara kaum muda, terutama untuk berbagi foto dan video sementara. Pada tahun 2022, dilaporkan bahwa ada 2,43 juta postingan diunggah ke Snapchat setiap 60 detik, menunjukkan betapa besar pengaruh dan popularitas platform ini di era digital saat ini.

16 juta pesan teks terkirim

Tidak dapat dipungkiri bahwa pesan teks instan telah menjadi salah satu bentuk komunikasi paling populer di era digital ini. Pada tahun 2022, setiap 60 detik tercatat bahwa ada 16 juta pesan teks instan yang dikirimkan di seluruh dunia melalui berbagai platform.

Aktivitas ini sudah pasti membutuhkan koneksi Internet yang berkualitas, seperti GlobalXtreme selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 rupiah dengan kecepatan 75 Mbps sampai 1 Gbps (Dedicated Internet Access) dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.