Intip Fungsi Web Browser dan Fiturnya saat Internet-an

Intip Fungsi Web Browser dan Fiturnya saat Internet-an

Fitur-fitur pada web browser yang antara lain, terdiri dari fitur Refresh, Bookmark, History, Download Manager, dan masih banyak lagi.

Mungkin hal ini terdengar norak atau ketinggalan zaman dengan asumsi hampir semua orang disekitar yang Anda kenal bisa mengakses Internet, tetapi tidak banyak yang tau hal dasar cara menggunakan browser. Apakah Anda bisa menyebutkan 3 sampai 4 fitur-fitur utama pada web browser? Pengetahuan dan wawasan akan fitur di web browser dapat memudahkan saat program tersebut mengakses Internet.

Dilansir dari KompasTekno dan ragam sumber lainnya, browser atau web browser adalah program perangkat lunak (software) yang digunakan untuk menjelajah dan menampilkan informasi yang tersedia di www (world wide web). Informasi yang disajikan saat Anda mengaksesnya bisa berupa video, gambar, dan konten lain yang terhubung melalui sistem hypertext di mana dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Beberapa nama besar browser yang sering digunakan dan cukup populer, antara lain seperti Mozilla, Chrome, Safari, Brave, Opera, dan lainnya.

Beberapa fitur web browser yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Tombol Refresh: Adapaun fungsinya adalah untuk memanggil ulang atau menyegarkan halaman website yang sedang dibuka. Biasanya digunakan saat halaman website tidak terbuka dengan sempurna karena koneksi Internet yang terhambat.
  • Tombol Go Back: Berfungsi untuk mengarahkan pada pengguna ke halaman sebelumnya pada website yang sedang dibuka.
  • Tombol Go Forward: Berfungsi untuk melakukan arahan pada pengguna ke halaman setelahnya yang sudah pernah dibuka.
  • Tombol Stop: Memiliki fungsi untuk pembatalan atau penghentian proses pencarian pada browser.
  • Kotak/kolom alamat URL: Uniform Resource Locator atau yang lebih dikenal URL merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Fitur ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk pengguna bisa memasukkan alamat website yang akan diakses.
  • Tab Browsing: Berfungsi saat pengguna ingin menambah beberapa halaman web dalam tab yang terpisah dan bisa pindah antar halaman web.
  • Bookmark: Berfungsi untuk melakukan penyimpanan halaman atau situs web yang sering dikunjungi dan mempermudah saat mengaksesnya kembali.
  • History: Berfungsi untuk menyimpan data rekam pencarian situs/web sehingga bisa ditelusur ulang jejak kunjungan di story.
  • Popup Blocker: Berfungsi untuk menghentikan pengguna dari pop-up iklan yang mungkin saja mengganggu.
  • Pengelola kredensial: Berfungsi untuk simpan data akun pengguna yang isinya username dan password yang dipakai untuk login ke website atau platform online.
  • Pengelola Download: Berfungsi untuk mengelola dan melacak file yang sudah di unduh.
  • Pengelola History: Berfungsi untuk hapus riwayat pencarian, cache, dan cookie yang bertujuan menjaga privasi.
  • Incognito atau Private Mode: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajah Internet tanpa menyimpan riwayat penjelajahan dan cookie.
  • Pengaturan keamanan: Fitur ini Memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi pengaturan keamanan, seperti pengaturan untuk menghentikan unduhan berbahaya atau memblokir situs web tertentu.
  • Pengaturan tampilan: Fitur ini berfungsi agar pengguna dapat menyesuaikan tampilan browser, termasuk tema dan ukuran font.
  • Pengaturan search engine: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur mesin pencari utama yang bakal dipakai.
  • Extension: Fitur Extention atau Ekstensi memungkinkan pengguna untuk menginstal program mini yang dapat menambah fungsionalitas browser.

Itulah fitur-fitur pada web browser yang umum tersedia. Dengan mengetahui fitur-fitur pada web browser, pengguna dapat lebih mudah untuk mengoperasikannya saat tengah mengakses Internet.

Fungsi browser Dari fitur-fitur di atas, web browser memiliki beberapa fungsi dalam mengakses Internet. Lantas, apa saja fungsi browser? Simak penjelasan beberapa fungsi browser.

  1. Membuka halaman website

Web browser dapat mengarahkan pengguna ke halaman website sesuai dengan alamat URL yang ingin dituju

  1. Mempermudah jelajah website

Jika ada website yang ingin Anda kunjungi, penggunaan web browser merupakan salah satu cara terpopuler sehingga mudah untuk dijelajahi. Selain itu penggunaan fitur navigasi seperti “Back” dan “Forward”. Fungsi kedua tombol tersebut adalah untuk mengarahkan pengguna kembali ke halaman web yang telah dibuka.

  1. Menampilkan beragam jenis konten dari website

Selain penjelajahan website, browser juga berfungsi untuk menampilkan konten yang dimuat didalamya seperti konten gambar, audio, dan video.

  1. Menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi

Lewat browser Anda dimudahkan dalam menyimpan data halaman website yang dikunjungi lewat penandaan dengan fitur Bookmark.

  1. Mengelola data riwayat kunjungan di website

Setiap kali Anda melakukan kunjungan ke website melalui browser akan terekam dalam data riwayat pencarian. Hal ini juga bisa memudahkan Anda untuk mencari kembali situs yang pernah dibuka.

  1. Mengunduh file di Internet

Fungsi browser yang berikutnya adalah untuk mengunduh file di Internet. Saat membuka halaman website di Internet melalui browser, pengguna dapat melakukan pengunduhan file yang tersedia di sana untuk disimpan ke perangkat.

  1. Mempermudah dalam mengelola data kredensial di Internet

Jika Anda orang yang lupa akan data kredensial, maka browser bisa membantu dalam mengingatnya. Anda memiliki pilihan untuk menyimpan data kredensial atau tidak di dalam browser dari website yang pernah atau sedang dikunjungi.

  1. Perlindungan dari website berbahaya

Salah satu fungsi browser juga memberikan perlindungan ke pengguna dari potensi website yang berbahaya. dengan memverifikasi keamanannya.

Misalnya, website yang mengandung malware atau phising. Browser memiliki sistem keamanan yang dapat melindungi pengguna dari website seperti itu.

Menjelajah website-website yang diinginkan dengan browser juga perlu didukung dengan koneksi Internet berkualitas seperti GlobalXtreme. Dengan layanan terdedikasi 24/7, GlobalXtreme berkomitmen memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Mulai dari 300.000 untuk kecepatan 100 Mbps, Anda sudah bisa menjelajahi website tanpa khawatir terhambat sehingga produktivitas menjadi lancar. Ayo berlangganan.