Korea Selatan Menjadi Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia!

Jika ada orang yang stres karena lambatnya koneksi Internet maka masyarakat Korea Selatan mungkin tidak akan pernah merasakannya. Dilansir dari Tirto.id (2017) sebuah dokumen berukuran 1 gigabita diunduh di Indonesia, akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Sedangkan bila diunduh di Amerika Serikat hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit. Lain halnya seperti di Jepang lebih cepat lagi, karna hanya membutuhkan waktu 7 menit. Namun, masih ada yang lebih cepat lagi yaitu di Korea Selatan, hanya memerlukan waktu 5,5 menit untuk file sebesar 1 gigabita selesai terunduh. 

Perbedaan kecepatan Internet untuk mengunduh suatu file terjadi karena setiap negara memiliki kecepatan Internet yang berbeda-beda. Melansir dari laporan Ookla dalam Speedtest, kecepatan internet Korea Selatan versi mobile berada pada angka  243,07 Mbps untuk mendownload dan 23,22 Mbps untuk mengupload. Kecepatan tersebut tentu sangat jauh berbeda dengan Indonesia yang berkisar 16,94 Mbps untuk mendownload dan 10,06 Mbps untuk mengupload.

Selain adanya perbedaan kecepatan Internet, penetrasi pengguna Internet di negara tersebut juga sangat tinggi. Menurut Internet World Stats, 92,1 persen dari penduduk Korea Selatan sudah terhubung ke Internet. Angka 26,1 Mbps adalah angka rata-rata kecepatan Internet di seluruh negara itu. Kenyataannya, banyak kawasan yang kecepatannya jauh lebih kencang. Kecepatan Internet di kawasan perumahan urban di Korea Selatan biasanya bisa mencapai 100 Mbps. Bahkan ada provider yang menjual paket Internet berkecepatan 1.000 Mbps seharga $20 atau sekitar Rp280 ribu per bulan.

Selain jumlah penduduknya yang sudah terhubung dengan Internet, pemerintah Korea Selatan juga menyediakan lokasi WiFi gratis. Di Seoul sendiri, terdapat lebih dari 10.000 ribu titik lokasi WiFi gratis yang berada di Stasiun Gangnam, Sungai Han, Itaewon, dan masih banyak lagi. Dikutip dari ZDNET, Kementrian Teknologi Korea Selatan bahkan memasang fasilitas WiFi gratis di seluruh bus dengan armada yang mencapai 23.000. Hal tersebut dilakukan untuk menekan anggaran yang dikeluarkan masyarakat untuk membeli kuota Internet, serta meningkatkan akses internet di seluruh wilayah. 

Kecepatan koneksi Internet di Korea Selatan yang sangat kencang tidak dibangun hanya dalam waktu satu malam. Butuh konsistensi pemerintah dan pihak swasta untuk bersama-sama mencapai infrastruktur yang baik. 

Source :

https://tirto.id/kecepatan-internet-korea-selatan-yang-belum-terkalahkan-clbG

https://www.speedtest.net/global-index/south-korea