Kota Apung Futuristik: Solusi Inovatif N-Ark Hadapi Perubahan Iklim

Kota Apung Dogen: Solusi Inovatif N-Ark untuk Perubahan Iklim. source. N-Ark

Menanggapi tantangan besar yang ditimbulkan oleh perubahan iklim, N-Ark, startup maritim berbasis di Jepang, menciptakan desain futuristik kota apung.

Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Perubahan iklim telah memberikan dampak dramatis yang langsung dirasakan oleh setiap negara di dunia ini. Tingkat emisi gas rumah kaca kini sudah mencapai 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 1990, dan terus meningkat. Pemanasan global juga telah memicu perubahan berkelanjutan pada sistem iklim kita. Kita harus mengambil tindakan segera, sebab konsekuensi yang ditimbulkan tidak dapat diubah begitu saja.

Sebuah perusahaan bernama N-Ark menaruh perhatian lebih terhadap isu lingkungan dan keberlanjutan hidup, baru saja merilis rancangan konsep kota apung. Start-up maritim yang berbasis di Jepang tersebut telah mengungkapkan rencana untuk apa yang mereka sebut sebagai Kota Dogen, sebuah metropolis terapung yang tidak hanya akan beradaptasi terhadap perubahan iklim, tetapi juga akan menyediakan layanan kesehatan canggih dan pencegahan penyakit bagi penghuninya.

Source. n-ark.jp

Dengan luas 390 hektar, lingkungan ‘tanpa penyakit’ ini akan menampung 40,000 orang sekaligus, termasuk 10,000 penduduk dan 30,000 pengunjung atau turis. Struktur lingkaran ini akan mampu menahan bencana alam dan berisi perumahan publik, pusat penelitian medis, fasilitas produksi makanan, bahkan tempat peluncuran untuk pesawat ruang angkasa

Dilansir dari situs resmi N-Ark dan Robb Report, start-up maritim yang berbasis di Jepang, N-Ark, telah merumuskan visi inovatifnya melalui situs web mereka. Mereka percaya bahwa agar bisnis maritim dapat bertahan dan masalah dapat terselesaikan, strategi kebijakan, bisnis, dan teknologi harus bersatu untuk menciptakan sebuah ekonomi maritim yang baru. N-Ark menandaskan bahwa Kota Dogen, sebuah proyek futuristik mereka, akan menjadi wujud nyata dari visi ini.

Desain Kota Dogen yang unik ini terdiri dari tiga lapisan yang masing-masing memiliki tujuan spesifik. Perusahaan tersebut menyebut ketiga lapisan ini sebagai ‘industri’. Industri pertama berupa desa maritim yang dapat dihuni dan berkelanjutan. Ini akan memberikan infrastruktur hidup yang menunjang dan mempromosikan perawatan diri secara mental dan fisik bagi penduduknya. Bentuk cincin dari desain kota ini tidak hanya estetis, namun juga fungsional karena dapat melindungi penduduk dari ancaman tsunami.

Source. n-ark.jp

Industri kedua adalah pusat data bawah laut. Keunikan dari pusat data ini adalah sistem pendinginannya yang alami, yakni air laut, yang dapat mengurangi konsumsi energi secara signifikan. Terakhir, industri ketiga akan meniru SpaceX dan berfungsi sebagai situs peluncuran dan pendaratan untuk roket.

Kehidupan sehari-hari di Kota Dogen dirancang untuk mendukung kesejahteraan penduduk. Setiap hari, penduduk dapat berpartisipasi dalam konsultasi telemedis yang memanfaatkan sensor, sampel darah, dan analisis genom untuk mengevaluasi kesehatan mereka. Fasilitas kesehatan di kota ini juga akan sangat canggih, penduduk akan memiliki akses ke operasi robotik dan penelitian obat.

Dalam hal pangan, Kota Dogen akan menjadi tempat di mana bahan dan tanaman fungsional ditanam langsung menggunakan teknologi budidaya yang inovatif. Teknologi ini mengandalkan air laut sebagai sumber nutrisi bagi tanaman. Proyek ini diharapkan dapat menghasilkan hampir 7.000 ton makanan setiap tahun dan menghasilkan 22.265.000 kW listrik. N-Ark mengungkapkan konsep di balik proyek ini: obat, makanan, dan perumahan merupakan sumber yang sama.

Source. n-ark.jp

Saat ini, belum ada informasi pasti mengenai di mana Kota Dogen akan ditempatkan atau jadwal kapan proyek tersebut akan selesai. Namun, visi yang diusung oleh N-Ark melalui proyek ini menunjukkan masa depan yang penuh inovasi dan berkelanjutan di sektor maritim.

GlobalXtreme pun akan terus berinovasi selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.