Manfaatkan Celah, Pendiri Instagram Rilis Jejaring Sosial Baru

"Artifact", proyek terbaru Kevin Systrom dan Mike Krieger. source FT.com

Lewat banyak eksplorasi, kedua co-founder Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger membuat aplikasi jejaring sosial baru bernama Artifact.

Semenjak meninggalkan Facebook pada 2018, duo co-founder Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger yang sudah bekerja selama 8 tahun diperusahan tersebut memang lama tak terdengar kabarnya. Namun, tanpa disangka-sangka keduanya tengah mempersiapkan dan memperkenalkan proyek aplikasi terbarunya bernama “Artifact”.

Dilansir dari Bloomberg, kemunculan aplikasi Artifact tersebut merupakan upaya pemanfaatan celah dari perubahan teknologi dan ketidakpuasan terhadap apa yang ditawarkan saat ini seperti yang terjadi pada Instagram. Mereka sadar betul bahwa proyek mereka sebelumnya lewat Instagram telah menjadi gambaran bahwa jejaring sosial terbaik dimulai dari optimalisasi manfaat yang menunjang aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan laporan dari The Verge, dalam proses membuat Artifact, baik Kevin dan Mike ternyata mengeksplorasi ide untuk aplikasi sosial termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) seperti ChatGPT. Berbeda dengan Instagram, Artifact fokus pada artikel daripada foto di mana aplikasi tersebut akan merekomendasikan konten berdasarkan ketertarikan serta dapat jadi ruang diskusi mirip seperti TikTok, tetapi berbasis teks atau pustaka Google.

Baca juga : Khawatir Ancaman Keamanan Data, 8 Negara ini Blokir TikTok

Pemilihan nama Artifact merupakan penggabungan kata antara, artikel, fakta (fact), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Systrom menambahkan bahwa aplikasi itu tersedia di perangkat Android dan iOS.

Aplikasi Artifact tidak berpihak pada sayap kanan dan sayap kiri sehingga menampilkan berita dari kedua belah pihak. Selain itu, Artifact menegaskan bahwa mereka tidak akan izinkan unggahan yang diatur atau palsu. Kevin mengatakan bahwa sistem rekomendasi yang dibuat tim Artifact akan memprioritaskan subyek tertentu berdasarkan seberapa lama pengguna membacanya selain klik dan komentar.

Systrom juga menekankan apabila Artifact akan menampilkan berita dan informasi berkualitas tinggi. Artinya, hanya untuk penerbit yang mematuhi etika editorial.

Sejak akhir Februari 2023 kemarin Artifact mulai terbuka untuk umum tanpa harus mendaftarkan nomor telepon lagi, kecuali pengguna hendak menggunakannya ke perangkat baru. Tak perlu khawatir karena topik berita yang ditampilkan Artifact dapat dikontrol, dipersonalisasi, diperluas, dan diperdalam untuk mengelola minat.

Artifact memperluas tampilannya tak hanya pada penerbit, media, atau organisasi berita besar saja, tetapi sampai yang kecil dengan topik khusus. Saat pengguna mengetuk artikel pilihannya, Artifact memberikan rekomendasi seperti kita saat menonton TikTok dengan For Your Page (FYP) nya.

Peluncuran Artifact sendiri harus bersaing dengan raksasa teknologi seperti Google News dan Apple News yang sudah memiliki pembacanya sendiri. Seperti kebanyakan perusahaan rintisan (startup), Artifact belum berkomitmen pada model bisnis. Namun Systrom tertarik untuk menyematkan iklan atau membangun kesepakatan bagi hasil dengan penerbit. Apabila sudah menemukan peluang lebih besar, bukan tidak mungkin mendorong pengguna untuk berlangganan alias akses berbayar.

Artifact mengundang pengguna dari seluruh dunia untuk mencicipi versi beta dari aplikasi tersebut. Caranya, pengguna cukup berkunjung ke situs artifact.news dan memasukkan nomor ponsel mereka. Inovasi pun jadi salah satu “nyawa” dari Artif untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Nikmati pengalaman menjelajah dunia dengan koneksi Internet yang berkualitas dari GlobalXtreme. GlobalXtreme selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optik no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 rupiah dengan kecepatan 75 Mbps sampai 1 Gbps (Dedicated Internet Access) dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.