Mau Main Game Optimal Pilih Internet Kabel atau Nirkabel?

Mau Main Game Optimal Pilih Internet Kabel atau Nirkabel?

Memaksimalkan pengalaman bermain game dengan memilih layanan Internet terbaik sesuai kebutuhan dan mengoptimalkan router Anda

Di era keemasan PC gaming saat ini, kebutuhan akan koneksi Internet yang prima tak bisa diabaikan. Sejalan dengan merosotnya penggunaan media fisik dan melonjaknya tren distribusi digital, ketergantungan pada akses Internet menjadi tak terhindarkan, bahkan dalam konteks bermain game individu.

Jangan remehkan keputusan memilih koneksi Internet yang tepat untuk PC gaming Anda. Agar dapat mengoptimalkan jaringan yang Anda gunakan, penting untuk memahami prinsip kerja teknologi jaringan dan bagaimana dampaknya terhadap pengalaman Anda dalam bermain game.

Dasar-Dasar Jaringan

Komunikasi dengan dunia maya Internet memerlukan keterkaitan antara perangkat (seperti PC Anda) dengan modem, yang biasanya melalui router terpisah. Modem bertindak sebagai pengubah sinyal dari Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda menjadi bentuk yang bisa digunakan di lingkungan rumah Anda.

Selanjutnya, router bertugas berkomunikasi dengan modem untuk menciptakan jaringan nyata yang tersambung dengan perangkat Anda. Modem dan router seringkali ada dalam satu paket perangkat, biasanya diserahkan oleh ISP Anda saat proses pengaturan layanan.

Setelah jaringan lokal ini berhasil diatur, PC Anda sudah bisa terhubung ke Internet dan Anda dapat memulai permainan online. Meski dasar-dasar penjelasannya cukup simpel, namun setiap langkah proses ini layak untuk ditelusuri lebih dalam.

Koneksi Internet melibatkan perangkat, modem, dan router untuk mengubah sinyal ISP menjadi bentuk yang dapat digunakan di rumah, dengan kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan kapasitas data sebagai faktor penting dalam memilih layanan ISP.

Kapasitas & Kecepatan Jaringan

Ada empat komponen penting dalam rantai jaringan, yang semuanya harus dipertimbangkan saat membangun jaringan Anda.

  • ISP
  • Modem
  • Router
  • Koneksi Jaringan (kabel atau nirkabel)

Mari kita mulai dengan gateway eksternal ke Internet, ISP.

Pilihan ISP Anda mungkin terbatas tergantung pada lokasi Anda, namun biasanya sebagian besar ISP menawarkan berbagai tingkat layanan dengan beragam rentang harga. Anda bisa membandingkan layanan yang tersedia di wilayah Anda untuk menemukan ISP dengan reputasi terbaik, serta layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk menemukan layanan Internet yang tepat, Anda perlu mengetahui konsep-konsep dasar tentang apa yang harus dilihat. Berikut adalah metrik yang harus Anda perhatikan saat membuat pilihan tersebut.

Kapasitas merujuk pada jumlah data yang dapat ditransmisikan melalui koneksi Internet Anda, dan diukur dalam megabits per detik (misalnya, 100 Mbps.) Ini adalah jumlah data yang dapat ditransfer oleh koneksi, namun ini merupakan metrik yang berbeda dibandingkan kecepatan koneksi tersebut.

Kecepatan dibagi menjadi dua pengukuran; seberapa cepat data dapat diunduh dan diunggah.

  • Kecepatan unduh diukur dalam megabit per detik (Mbps) atau gigabit per detik (Gbps) untuk koneksi yang jauh lebih cepat. Kecepatan unduh merujuk ke seberapa cepat data ditarik dari Internet ke suatu perangkat (misalnya, saat menonton film dari layanan streaming).
  • Kecepatan unggah adalah seberapa cepat data dapat dipindahkan dari perangkat Anda ke Internet (misalnya, saat melakukan streaming game dari PC Anda ke Internet) dan juga diukur dalam Mbps dan Gbps.
    Secara sederhana, kapasitas adalah seberapa banyak data yang bisa ditransfer melalui koneksi Anda, sedangkan kecepatan adalah seberapa cepat data tersebut bisa ditransfer.

Banyak ISP menawarkan layanan Internet di perumahan melalui kabel atau DSL, dan seringkali koneksi ini lebih mengutamakan kecepatan unduh dibandingkan kecepatan unggah. Koneksi lain seperti Internet serat optik memungkinkan kapasitas simetris, di mana kecepatan unduh dan unggah sama.

Latensi, Ping, dan Lag

Meskipun kapasitas dan kecepatan memiliki peran penting dalam penggunaan Internet sehari-hari, latensi sering menjadi faktor yang paling krusial saat bermain game.

  • Latensi adalah durasi waktu yang diperlukan oleh data untuk melakukan perjalanan pulang pergi dari PC Anda, melalui jaringan Anda, menuju tujuan, dan kembali lagi ke PC Anda. Latensi yang rendah sangat vital saat bermain game, karena pengiriman dan penerimaan informasi yang cepat dari dan menuju server game akan menghasilkan koneksi yang lebih baik dan minim masalah seperti lag. Salah satu cara efektif untuk meminimalkan latensi saat bermain game adalah dengan memilih server dalam game yang paling dekat dengan lokasi Anda, karena data hanya perlu melalui jarak yang lebih pendek.
  • Ping merupakan alat ukur dari latensi, biasanya dalam satuan milidetik (misalnya, 90,0 ms). Semakin rendah angka ping, semakin rendah pula latensinya. Angka ping yang lebih rendah menandakan lebih baik; angka yang lebih kecil dari 100 ms merupakan hasil yang ideal. Anda dapat mengukur ping Anda dengan berbagai layanan seperti yang ini.
  • Lag adalah akibat dari latensi yang tinggi, dan dapat menjadi salah satu tantangan paling signifikan saat bermain game secara online. Jika pemain mengirim atau menerima informasi ke server game lebih lambat dibandingkan pemain lain dalam pertandingan yang sama, ini dapat mengakibatkan permasalahan koneksi yang merusak permainan seperti delay input atau error koneksi. Lag bisa menjadi penghalang parah dalam game kompetitif yang bergerak cepat, dan sebisa mungkin harus dihindari.
Latensi rendah penting dalam game untuk koneksi yang baik, sementara lag harus dihindari.

Memilih Router

Pemilihan router yang tepat bisa berdampak besar terhadap pengalaman bermain game Anda, baik melalui jaringan kabel atau nirkabel.

Beberapa fitur yang patut Anda pertimbangkan antara lain:

  • Alat kualitas layanan memungkinkan router untuk mengutamakan lalu lintas tertentu, seperti lalu lintas yang umumnya berhubungan dengan bermain game, daripada jenis lalu lintas lainnya. Ini bisa membantu meminimalkan latensi jika Anda bermain game sementara orang lain juga menggunakan jaringan Anda.
  • Wi-Fi 6 adalah standar Wi-Fi terkini, dan memiliki kelebihan yang unik dibandingkan dengan versi Wi-Fi sebelumnya. Jika Anda tertarik dengan keuntungan dari Wi-Fi 6, router Anda harus mendukung teknologi ini. Informasi lebih lanjut mengenai Wi-Fi di bagian “Koneksi Nirkabel” berikut.
  • Koneksi Ethernet yang cukup cepat untuk memberikan jaringan Anda kecepatan yang dibutuhkan juga sangat penting. Jika Anda memiliki koneksi Gigabit (1.000 Mbps) dan Anda ingin menggunakan kabel Ethernet untuk terhubung ke PC Anda, Anda perlu memastikan bahwa port Ethernet pada router Anda mendukung kecepatan tersebut. Informasi lebih lanjut ada pada bagian “Koneksi Kabel” berikut.

Harap lakukan riset mendalam tentang kemampuan router mana pun yang Anda pertimbangkan, dan pastikan router tersebut memiliki teknologi yang Anda harapkan untuk melengkapi jaringan Anda. Tidak semua router diciptakan dengan fitur yang sama.

Anda juga perlu mempertimbangkan cara Anda ingin menghubungkan PC Anda ke router Anda, inilah saat di mana pertanyaan tentang kabel vs. nirkabel menjadi sangat penting.

Koneksi Kabel vs. Nirkabel

Sebagian besar desktop dan laptop modern menawarkan kedua opsi tersebut, tetapi memahami kelebihan dari masing-masing dapat membantu Anda menentukan koneksi yang paling cocok untuk pengaturan Anda.

Bermain Melalui Koneksi Kabel

Hampir semua router hadir dengan port Ethernet, yang memfasilitasi transfer data jaringan melalui kabel Ethernet ke perangkat yang kompatibel. Keuntungan utama koneksi seperti ini adalah sinyal yang stabil, yang dikirimkan dari router langsung ke perangkat Anda tanpa bergantung pada jaringan nirkabel.

Namun, meskipun kemudahan konfigurasi ini tampak menarik, ada beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan saat menyiapkan koneksi kabel di lingkungan rumah Anda:

  • Lokasi Perangkat: Kabel Ethernet memiliki kemampuan untuk mengirim data dalam volume besar sejauh apa pun, tetapi perlu diingat bahwa Anda harus berurusan dengan kabel fisik. Mungkin Anda perlu berpikir out-of-the-box untuk menata kabel Anda.
  • Memilih Kabel yang Tepat: Ethernet merupakan teknologi jaringan yang dirancang khusus untuk membentuk Local Area Networks (LAN), di mana komunikasi terjadi melalui kabel Ethernet, yang menggunakan konektor RJ-45.

Kabel Ethernet bermula pada tahun 80-an, namun sejak itu telah melalui banyak perkembangan. Masing-masing versi dikenal sebagai “Kategori,” dengan setiap versi memungkinkan transfer data yang lebih banyak dan lebih cepat.

Kabel Ethernet Kategori 5 (biasanya dikenal sebagai Cat 5 atau Cat5e untuk versi yang lebih cepat) dan kabel Cat 6 adalah jenis kabel yang paling sering digunakan oleh konsumen saat ini. Ada opsi yang lebih cepat seperti Cat 6a, yang memberikan kecepatan yang signifikan dibandingkan Cat 6 tetapi harganya lebih mahal. Cat 7 dan 8 menawarkan kemampuan Ethernet yang sangat tinggi, tetapi biasanya digunakan dalam jaringan tingkat perusahaan karena faktor biaya dan kemudahan penggunaan.

Ketika memilih kabel Ethernet, perhatikan bahwa kabel tersebut harus dapat mentransmisikan kecepatan yang sama atau lebih tinggi dibandingkan dengan yang disediakan oleh ISP Anda. Cat 5e dan Cat 6 menawarkan bandwidth maksimum hingga 1 Gbps, yang seharusnya cukup untuk jaringan rumah rata-rata, dengan menawarkan keseimbangan yang baik antara biaya dan kinerja. Jika Anda mencari kecepatan lebih tinggi tetapi bersedia mengeluarkan biaya lebih, Cat 6a bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Antarmuka yang Sesuai pada PC Anda: Pastikan perangkat Anda dilengkapi dengan konektor Ethernet dan dapat memanfaatkan kecepatan jaringan Anda. Walaupun kebanyakan desktop telah menyertakan kontroler Ethernet dalam I/O motherboard, beberapa laptop tidak menyediakan fitur ini karena pertimbangan ukuran. Jika ini kasusnya, Anda bisa menggunakan adaptor USB ke RJ-45 untuk tetap mendapatkan keuntungan dari koneksi kabel. Namun, hal ini bisa mengurangi kecepatan koneksi Anda, tergantung pada jenis adaptor USB yang digunakan.
    Sejumlah produsen motherboard telah memasukkan antarmuka Ethernet khusus, seperti kontroler Ethernet Killer E3100 2,5 Gbps. Port ini memprioritaskan lalu lintas Internet yang sangat berkaitan dengan gaming, yang bisa menghasilkan latensi yang lebih rendah dalam jaringan yang sibuk.

Pastikan juga bahwa router Anda mampu mendukung kecepatan yang diperlukan oleh PC Anda. Jika PC Anda mendukung sinyal 1 Gbps tetapi router Anda tidak, Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuhnya.

Secara umum, koneksi kabel adalah metode yang sederhana dan efisien untuk terhubung ke modem atau router modern tanpa perlu mengatur jaringan nirkabel. Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan kabel yang tepat, dan bahwa PC dan router Anda dilengkapi dengan fitur yang sesuai untuk memanfaatkan sepenuhnya koneksi Internet kabel Anda.

Bermain Melalui Koneksi Nirkabel

Sebagian besar koneksi Internet nirkabel beroperasi berdasarkan standar jaringan IEEE 802.11, yang lebih dikenal sebagai Wi-Fi. Wi-Fi memungkinkan router Anda untuk mengirim data melalui jaringan nirkabel ke perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Dalam beberapa dekade terakhir, Wi-Fi semakin populer dengan semakin banyaknya perangkat, mulai dari smartphone hingga termostat, yang membutuhkan koneksi Internet. Keuntungan utama jaringan nirkabel adalah fleksibilitasnya, karena perangkat tidak perlu terhubung secara fisik ke router untuk bisa mengakses Internet.

Wi-Fi, seperti kabel Ethernet, telah mengalami banyak perkembangan selama beberapa dekade terakhir. Wi-Fi kini telah mengadopsi penamaan yang lebih sederhana, dengan standar terbaru adalah Wi-Fi 6. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang standar Wi-Fi 6 di sini, tetapi dalam singkat, Wi-Fi 6 menawarkan kecepatan koneksi nirkabel tercepat yang tersedia untuk jaringan rumah saat ini.

Hampir semua laptop dilengkapi dengan kontroler nirkabel, dan begitu juga dengan motherboard desktop modern. Seperti Ethernet, ada beberapa solusi nirkabel yang seringkali sudah terintegrasi dalam motherboard generasi saat ini, termasuk fitur dukungan Wi-Fi 6. Jika sistem Anda tidak mendukung Wi-Fi, ada perangkat tambahan yang tersedia untuk menambahkan fungsi tersebut.

Router nirkabel menawarkan banyak opsi penyesuaian Wi-Fi, termasuk fitur seperti jaringan tamu, keamanan bawaan, dan alat kualitas layanan yang dapat membantu mengurangi latensi. Seperti jaringan berbasis Ethernet, banyak dari opsi ini akan tergantung pada router Anda, jadi pastikan Anda memilih router yang menyertakan fitur yang Anda butuhkan.

Seiring berkembangnya waktu, Wi-Fi telah menjadi rival kuat untuk koneksi Ethernet dalam hal kecepatan unggah dan unduh serta latensi. Jika Anda memiliki ISP yang baik, modem yang kuat, dan router yang handal, Wi-Fi bisa menjadi opsi yang bagus untuk bermain game secara online.

Peran Jaringan dalam Dunia Gaming


Mari kita menapak lebih jauh ke dalam ceruk spesifik ini – bagaimana jaringan merasuk ke dalam ranah bermain game, mempengaruhi setiap aspeknya.

Bandwidth dan Ritme Koneksi

Sebenarnya, bermain game secara online tidak banyak mengonsumsi data bila dibandingkan dengan aktivitas Internet lainnya seperti streaming video. Meski demikian, keberadaan jaringan Internet dengan kecepatan gesit dan bandwidth yang lebar hampir selalu menjadi atribut yang diidamkan. Faktanya, atribut tersebut bisa jadi adalah penyempurna dari pengalaman bermain game online Anda.

  • Bandwidth menjadi elemen kunci jika jaringan Anda dipakai oleh banyak pengguna secara bersamaan. Menggunakan banyak perangkat dalam satu waktu yang sama bisa mengganggu ritme jaringan jika bandwidth Anda terbatas.
  • Kecepatan Unduh berperan penting dalam menentukan seberapa cepat Anda bisa mendownload game, termasuk pembaruan seperti patch dan konten tambahan setelah perilisan game. Dengan ukuran file game yang kian membengkak seiring waktu, faktor ini menjadi semakin penting.
  • Kecepatan Unggah menentukan seberapa lincah Anda bisa mengunggah file, dan juga berpengaruh pada kualitas streaming Anda jika Anda memilih untuk membagikan gameplay secara langsung.

Latensi dan Stabilitas Jaringan

Mempunyai latensi yang minim dan ping yang rendah seharusnya menjadi hal yang paling diutamakan dalam membangun jaringan gaming yang solid. Ini karena kedua faktor tersebut secara langsung mempengaruhi kualitas pengalaman bermain game Anda. Pernyataan ini sangat relevan terutama untuk jenis game yang sangat bergantung pada ketepatan dan respons yang cepat untuk mencapai kemenangan, seperti game bertema pertarungan atau game tembak-menembak pertama orang kompetitif.

Panduan Mengatasi Latensi

Menentukan server yang cocok merupakan komponen penting dalam mengecilkan lag. Server game merupakan titik pertemuan antara Anda dan pemain lain, bertindak sebagai sentral informasi yang memfasilitasi pengalaman bersama bagi setiap pengguna, baik dalam mode kerja sama maupun kompetisi.

Metode paling efektif untuk meminimalisir latensi adalah dengan mempertimbangkan faktor jarak saat menentukan server mana yang akan Anda mainkan. Mayoritas game online memberikan opsi pemilihan server berdasarkan letak geografis; pilihlah server yang berada paling dekat dengan posisi Anda. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh data, semakin lama perjalanan tersebut, dan semakin besar pula ping yang ditimbulkan.

Anda juga dapat mengambil langkah-langkah tertentu pada jaringan Anda untuk mengurangi latensi, salah satunya adalah dengan menghentikan lalu lintas yang bersaing. Matikan perangkat lain yang memakai koneksi Anda dan periksa proses-proses yang berjalan di latar belakang PC Anda untuk memastikan tidak ada data yang disedot.

Semakin sedikit perangkat yang memanfaatkan jaringan Anda saat bermain game, semakin banyak sumber daya yang bisa dialokasikan untuk koneksi game Anda, dan ini berarti latensi Anda akan menjadi semakin kecil.

Konfigurasi router Anda juga bisa mempengaruhi latensi. Meski detil spesifik perangkat keras jaringan Anda mungkin bersifat eksklusif, mengeksplorasi pengalaman pemain lain dengan router Anda bisa memberi Anda ide seputar pengaturan software atau router yang bisa membantu dalam mengecilkan ping.

Jaringan Didesain untuk Gaming

Apakah Anda memilih menggunakan koneksi Wi-Fi atau kabel, sebaiknya utamakan latensi rendah dan koneksi stabil daripada kecepatan unggah dan unduh.

Pastikan Anda mempertimbangkan setiap elemen dari jaringan Anda untuk meraih pengalaman terbaik:

  • Cari penyedia layanan Internet (ISP) yang handal, misalnya GlobalXtreme, yang mampu menyediakan koneksi stabil dengan bandwidth tinggi dan kecepatan transfer yang memadai, serta modem yang bisa mendukung kecepatan tersebut.
  • Pilih router yang mampu menciptakan jaringan yang kompatibel dengan kecepatan koneksi Anda, dan teknologi tambahan apapun yang ingin Anda gunakan.
  • Pilih jenis koneksi, apakah kabel atau nirkabel, dari PC Anda ke router Anda yang sesuai dengan bagaimana Anda berencana menggunakan jaringan Anda. Jika Anda memilih koneksi kabel, pilihlah kabel Ethernet yang tepat.
  • Pastikan PC Anda telah dipersenjatai dengan kemampuan untuk mengelola jaringan yang Anda pilih, baik itu dengan kartu Wi-Fi atau kontroler Ethernet yang tepat. Cari laptop dan desktop dengan CPU terkini untuk memastikan PC Anda dilengkapi dengan teknologi jaringan terbaru, seperti Wi-Fi 6.

Dengan memenuhi semua kriteria tersebut, Anda seharusnya sudah memiliki segala yang dibutuhkan untuk menikmati pengalaman bermain game online yang luar biasa.

GlobalXtreme selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.