Menyelami Fediverse: Revolusi Desentralisasi Media Sosial

Fediverse dirancang untuk mendorong netizen melalui pembinaan komunitas kecil yang erat di mana anggota diberikan kendali penuh atas aturan, kebijakan, dan norma sosial pada platform mereka.

Tren teknologi terbuka dan terdesentralisasi, Fediverse berperan dalam mentransformasi lanskap media sosial, menciptakan komunitas online independen yang memberikan pengguna kontrol lebih besar atas data mereka

Dalam lingkaran teknologi dan media sosial, dunia sedang melihat pergeseran monumental. Seperti saat Elon Musk yang mengambil alih Twitter merupakan momen penting yang mengundang banyak perhatian yang belum pernah terjadi sebelumnya, disusul kemunculan platform alternatif seperti Mastodon dan Threads. Platform ini menawarkan pandangan baru tentang media sosial, memberikan gambaran tentang bagaimana media sosial yang dijalankan secara demokratis mungkin tampak.

Baca juga : Temukan 6 Platform Medsos Gantikan Twitter

Mastodon dan Threads: Sebuah Pandangan Alternatif

Dilansir dari hashdork dan the conversation, meski banyak yang beralih ke Mastodon dalam mencari alternatif, platform tersebut bukanlah pengganti Twitter yang langsung siap pakai seperti yang kini tengah viral, Threads. Sebaliknya, platform ini adalah kumpulan dari berbagai komunitas online semi-independen yang mungkin sulit untuk dipahami. Meski tampak menantang, Mastodon menawarkan gambaran tentang dunia media sosial yang dimiliki dan dioperasikan secara independen, suatu konsep yang sangat berbeda dari platform korporat yang biasa kita gunakan.

Mastodon tergabung dalam gerakan yang lebih besar bernama Fediverse. source. Unsplash

Fediverse: Masa Depan Media Sosial

Di balik Mastodon dan kini juga Threads yang tengah viral terdapat gerakan yang lebih besar, yaitu Fediverse. Menurut pakar Robert Gehl, Fediverse adalah “jaringan komunitas online yang sangat kecil yang bersatu melalui teknologi dan nilai sosial bersama.” Mereka yang bergabung dengan Fediverse biasanya mencari web partisipatif yang telah hilang dalam proses privatisasi internet.

Mengerti Lebih Dalam tentang Fediverse

Fediverse merujuk pada jaringan server yang saling berhubungan yang digunakan untuk penerbitan web dan hosting file. Server-server ini berkomunikasi satu sama lain menggunakan standar terbuka. Aplikasi di Fediverse biasanya ditampilkan sebagai alternatif yang lebih baik untuk menggunakan aplikasi terpusat seperti Twitter, Facebook, atau YouTube. Fediverse mencoba menyelesaikan masalah yang ada pada media sosial yang terpusat. Dengan Fediverse, pengguna dapat mempublikasikan konten di web tanpa harus bergantung pada perusahaan besar. Dengan kata lain, Anda akhirnya dapat memiliki kekuatan untuk membuat Facebook Anda sendiri.

Fediverse memiliki aturan, akun, dan komunitasnya sendiri. source. hashdork.com
Bagaimana Fediverse Bekerja?

Setiap server di Fediverse memiliki aturan, akun, dan komunitasnya sendiri. Pengguna dengan akun Fediverse dapat mengikuti akun lain di aplikasi lain mana pun. Misalnya, seseorang bisa memiliki akun di mastodon.social dan mengikuti akun di tempat lain seperti hacker.town tanpa harus membuat akun di sana. Ini semua menjadi mungkin berkat protokol yang dikenal sebagai ActivityPub, yang digunakan oleh setiap platform di Fediverse untuk berkomunikasi satu sama lain.

Mengapa Desentralisasi Penting?

Desentralisasi yang ditawarkan oleh Fediverse memungkinkan pengguna untuk memiliki dan mengendalikan data mereka sendiri. Selain itu, aplikasi di Fediverse secara teori lebih aman. Pengguna tidak perlu memercayai data mereka kepada platform media sosial terpusat seperti Facebook. Sebaliknya, mereka dapat mempercayai data mereka kepada instance sumber terbuka dan terenkripsi.

Jaringan terdesentralisasi berarti bahwa kekuasaan tidak pernah berada hanya di tangan satu entitas. Source. Shutterstock
Perangkat Lunak di Fediverse

Beberapa contoh perangkat lunak yang digunakan di Fediverse meliputi Mastodon dan Peertube. Perangkat lunak ini dirancang untuk mendorong pembentukan komunitas kecil yang erat, di mana anggota memiliki kendali penuh atas aturan, kebijakan, dan norma sosial di platform mereka.

Tantangan dan Masa Depan Fediverse

Meski menjanjikan, masih ada tantangan yang dihadapi oleh Fediverse. Fediverse masih membutuhkan peningkatan kesadaran publik, keterampilan dan sumber daya digital, dan dialog yang lebih kuat antara pengembang dan pengguna. Namun, dengan potensi yang ada, Fediverse dapat berkembang menjadi alternatif yang layak dan berkelanjutan untuk media sosial korporat. Seiring waktu dan dengan investasi yang tepat, Fediverse mungkin dapat menjadi media sosial masa depan yang benar-benar dimiliki dan dikendalikan oleh penggunanya.

Bermunculannya media sosial alternatif dan juga ekosistem fediverse tidak lepas dari peran koneksi Internet yang berkualitas, seperti GlobalXtreme dalam proses inovasinya. GlobalXtreme selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.