Pemain bisa bicara dengan NPC dalam Game? Nvidia Rilis ACE!

Interaksi Nyata dengan Karakter Non-Pemain: Teknologi ACE dari Nvidia

Nvidia mengembangkan teknologi ACE untuk meningkatkan kemampuan interaksi pemain dengan karakter non-pemain (NPC) dalam game.

Bagi Anda para pecinta game ada kabar gembira dari Nvidia, di mana mereka mengembangkan teknologi yang memungkinkan pemain berbicara dengan karakter non pemain (NPC). Teknologi ini bernama Avatar Cloud Engine (ACE) yang diperkenalkan oleh CEO Nvidia, Jensen Huang dalam pameran elektroni Computex di Taipei, Taiwan.

Kehadiran Nvidia Avatar Cloud Engine (ACE) ini nantinya memungkinkan untuk audio-to-facial-expression, text-to-speech di mana menggunakan layanan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) khusus. Hadirnya ACE untuk segmen gaming memungkinkan NPC mendengar dan merespon percakapan dari para pemain serta menampilkan animasi wajah karakter sesuai kata yang diucapkan.

Dilansir dari kompas.com, melalui video demo “kairos” yang ditunjukkan, pengguna bisa melihat render 3D dengan latar restoran ramen bernuansa cyberpunk. Awalnya, pemain bertemu karakter bernama Jin dimana setelah menekan tombol “T” dan mulai pembicaraan, pengguna bisa mulai berbincang dengan suara melalui headset mic.

Contoh karakter NPC bernama Jin dalam video demo “kairos” yang bisa diajak bicara oleh pemain.source Youtube

Layaknya bicara dengan karakter pemain lainnya seperti dalam game multiplayer, Anda bisa mengobrol dengan karakter bernama Jin merupakan NPC dan bukan orang asli menggunakan jawaban-jawaban yang dinamis ketika ditanya. Sebuah demonstrasi ditampilkan melalui sebuah video yang memiliki rasio 32:9, menciptakan kesan layar yang sangat lebar. Dalam video ini, pemain berdialog dengan jin, dengan karakter utama berinteraksi sebagaimana seseorang yang umumnya bertanya kabar dan membahas keadaan sekitar mereka.

Berkolaborasi dengan Convai, Nvidia membuat demonstrasi ini sebagai bagian dari promosi ACE. ACE sendiri mampu berjalan dengan baik baik di cloud maupun secara lokal pada perangkat keras NVIDIA yang disebut natch.

Pembuatan demonstrasi ini memanfaatkan NVIDIA NeMo untuk mengubah dan menerapkan model bahasa yang dapat disesuaikan berdasarkan latar belakang pengetahuan dan karakter. Batasan juga diterapkan untuk mencegah percakapan yang tidak pantas.

Selain itu, demonstrasi ini menggunakan Riva, alat yang mampu mengenali dan mengubah ucapan menjadi teks. Nvidia Omniverse Audio2Face juga digunakan untuk secara instan membuat animasi wajah karakter yang mengekspresikan emosi sesuai dengan alur ucapan apa pun. Pendekatan dialog seperti ini tentu saja berbeda dengan sistem dialog pada game Role-Playing Game (RPG) tradisional.

ACE for Games dibangun menggunakan Nvidia Omniverse dan menyediakan akses ke tiga komponen utama. Pertama adalah Nvidia NeMo, yang digunakan untuk membangun, menyesuaikan, dan menggunakan model bahasa. Ini memiliki fitur Pagar Pembatas NeMo yang bertujuan melindungi dari pengguna yang melakukan percakapan yang “tidak aman”, sesuatu yang mungkin penting saat diterapkan di video game.

Komponen terakhir adalah Nvidia Omniverse Audio2Face. Komponen ini memungkinkan animasi wajah karakter menjadi sejalan dengan kata-kata yang mereka ucapkan. Teknologi ini akan digunakan dalam game mendatang seperti “STALKER 2: Heart of Chernobyl” dan “Fort Solis“.

“Jaringan neural yang menggerakkan Nvidia ACE for Games dioptimalkan untuk performa yang beragam, dengan berbagai trade-off dalam hal ukuran, performa, dan kualitas. Layanan casting ACE for Games akan membantu pengembang untuk menyempurnakan model untuk game mereka, kemudian menerapkannya melalui Nvidia DGX Cloud, PC GeForce RTX atau secara lokal untuk inferensi waktu nyata,” ungkap Nvidia. “Model ini dioptimalkan untuk latensi – suatu kebutuhan penting untuk interaksi imersif dan responsif dalam game.”

Biasanya, game RPG seperti “Cyberpunk 2077” atau “Fallout: New Vegas” memiliki pohon dialog, di mana pengguna bisa memilih satu respons dari beberapa pilihan terhadap dialog karakter non-pemain. Namun, dengan teknologi canggih Nvidia, pengguna tidak dibatasi dengan jumlah pilihan saat berinteraksi dengan karakter NPC.

Bukan hanya Nvidia, GlobalXtreme juga melakukan peningkatan dalam pengembangannya untuk memberikan koneksi internet berkualitas kepada pelanggan setianya. GlobalXtreme selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.