Selamat Hari Komunikasi Internasional, 17 Mei! Simak Sejarahnya!

Hari Komunikasi Internasional yang jatuh pada 17 Mei sejak tahun 1969 diperingati sebagai bentuk apresiasi terhadap aktivitas manusia yang saling komunikasi setiap harinya.

Komunikasi Internasional dalam era Informasi, mengalami perubahan yang signifikan dalam dari segi aktor, metode, dan efek yang ditimbulkan. Hadirnya Internet beserta produk informasi telah berhasil menembus hambatan geografis, batasan negara, ras, adat, budaya dll, mengingat setiap orang dapat langsung terhubung melalui jaringan informasi global. 

Dikutip dari idntimes.com, Komunikasi sendiri merupakan proses penyampaian pesan secara langsung maupun tidak langsung yang idealnya memerlukan feedback untuk menjadi komunikasi yang interaktif.

Sementara itu, komunikasi internasional sendiri diartikan sebagai kajian dalam lingkup internasional atau informasi yang masuk dan keluar melalui batas negara. 

1. Apa itu Komunikasi Internasional?

Agar mencapai komunikasi yang lugas dan jelas, maka dibentuklah saluran media bersifat internasional.Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, hubungan antarnegara menjadi semakin dinamis sehingga membuat komunikasi internasional semakin diperlukan guna mencapai keinginan bersama. 

Diawali dengan kehadiran radio, telegraf, televisi, dan Internet yang ditemukan secara berturut-turut oleh Guglielmo Marconi, Samuel Morse, John Logie Baird, Robert E.Kahn serta Vinton G.Cerf. Kelima tokoh tersebut merupakan penemu media yang kemudian dinilai sangat efektif untuk menyebarkan informasi tentang kejadian dari seluruh dunia. Dengan begitu komunikasi internasional dapat dijangkau dengan mudah.

2. Sejarah Hari Komunikasi Internasional

Komunikasi berasal dari Bahasa Roma yang artinya retorik, yaitu seni berbicara. Sebab pada masanya komunikasi hanya melalui mulut ke mulut secara tatap muka. Bahkan sesekali melalui teriakan dari satu bukit ke bukit lainnya karena cara komunikasi belum seberkembang masa kini.

Ditemukannya Telegraf sebagai alat komunikasi jarak jauh yang berbentuk kode melalui kabel dan menggunakan aliran listrik memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan komunikasi. Setelah telegraf, industri surat kabar mulai berkembang. dimana mengambil peran penting untuk mendorong perkembangan telegraf dan seiring berjalannya waktu telegraf tidak lagi menggunakan kode.

Alat komunikasi yang semakin berkembang tersebut akhirnya memicu kemunculan musik dan perfilman. Tapi, tanpa disadari, komunikasi melalui musik dan film sangat mempengaruhi pola pikir semua orang. Bahkan hingga saat ini industri perfilman Indonesia secara tidak langsung telah menyumbang keuntungan negara lain.

3. Komunikasi Internasional saat ini

Komunikasi internasional pertama kali digunakan untuk menyampaikan informasi penjajahan dan sebagai alat propaganda. Radio saat itu dipilih sebagai alat penyampaian informasi terkait perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet. Radio dianggap sangat efektif dan ringkas dalam proses penyebaran isu propaganda.

Secara singkat, akhirnya komunikasi internasional tidak lagi digunakan untuk melakukan penjajahan ataupun informasi perdagangan melainkan sudah dijadikan acuan bagi negara dalam melakukan komunikasi politik, ekonomi, dan bisnis antara negara untuk mencapai kesepakatan bersama. Tidak jarang komunikasi internasional sangat dibutuhkan sehari-hari.

Dengan begitu komunikasi internasional yang sangat penting. Seluruh dunia menyepakati bahwa Hari Komunikasi Internasional ditandai pada 17 Mei.

Sebagai bentuk apresiasi Hari Komunikasi Internasional di mana kini Internet memegang peran penting, layanan Internet GlobalXtreme membuat pelanggan tidak perlu khawatir akan kualitas pelayanan. Adanya layanan customer service 24 jam dapat memudahkan untuk berkomunikasi dengan GlobalXtreme. Layanan yang diberikan pun didukung oleh tenaga teknisi yang handal, berpengalaman dan terpercaya.  

Untuk merasakan secara langsung jaringan Internet stabil dan tercepat di Bali, Anda bisa mengunjungi website resmi kami di www.globalxtreme.net atau menghubungi Official WhatsApp 0361-736811. Anda juga dapat mem-follow akun Instagram @GlobalXtreme untuk informasi terkini dari kami.

Source. 

  • Idntimes.com
  • Un.org
  • daysoftheyear.com