Sony Resmi Umumkan Rilis Konsol PS 5 Slim dengan Bobot Lebih Ringan

Sony resmi mengumumkan konsol PlayStation 5 (PS5) model baru dengan laci cakram yang dapat dilepas (detachable disc) dan penyimpanan internal 1 TB.

Sony resmi mengumumkan konsol PlayStation 5 (PS5) model baru dengan laci cakram yang bisa dilepas pasang dan penyimpanan internal sampai 1 TB.

November 2023 merupakan momen penting untuk Sony Playstation yang resmi mengumumkan peluncuran PS5 Slim. Seri ini hadir dengan ukuran yang lebih ringan dan kecil karena laci cakram yang bisa dilepas pasang, serta penambahan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yakni 1TB.

Dilansir dari situs resminya Playstation.com oleh Sid Shuman, Senior Director, SIE Content Communications PlayStation, PS5 terbaru berhasil mereduksi volume dimensi sekitar 30%, bobot lebih ringan 18% sampai 24% dari model sebelumnya. Walaupun bagian laci cakram bisa dilepas pasang, tetapi kemampuannya masih sama. PS5 model baru ini juga memberikan opsi untuk menambahkan Drive Disk Blu-ray Ultra HD ke PS5 Digital. Artinya, pengguna juga bisa memainkan dua jenis game PS5, yaitu versi digital dan versi fisik.

Sony resmi mengumumkan konsol PlayStation 5 (PS5) model baru dengan laci cakram yang dapat dilepas (detachable disc) dan penyimpanan internal 1 TB. Ada dua model yang diumumkan, yakni PS5 bundling dengan Drive Disk Blu-ray Ultra HD dan PS5 Digital Edition.(Blog PlayStation)

Shuman, mengungkapkan bahwa peluncuran model PS5 baru ini didasari pada kebutuhan pemain yang terus berkembang. Selain itu, tim teknis dan desain PlayStation saling berkolaborasi untuk menghadirkan bentuk baru yang berdampak pada fleksibilitas yang lebih besar.

Berdasarkan data, PS5 drive disk Ultra HD Blu-ray memiliki dimensi tinggi 96 mm, lebar 358 mm, tebal 216 mm di mana beratnya 3,2 kg. Sementara PS5 Digital Editon yang baru memiliki dimensi tinggi 80 mm, lebar 358 mm, ketebalan 216 mm dengan bobot menjadi 2,6 kg.

Jika tertarik denan Drive Disk Blu-ray Ultra HD untuk PS5 Digital dijual terpisah seharga 79,99 USD (sekitar Rp 1,2 juta). Secara tampilan, jika dipasangkan dengan drive disk, PS5 Slim akan memperlihatkan tonjolan pada bagian samping yang mana jika dilepas, bodi terlihat menjadi rata.

Penampakan PS5 Slim dengan laci cakram (disc) yang bisa dilepas pasang (detachable) via konektor USB-C. (Blog PlayStation)

Pada bagian colokan, PS5 Slim berbeda dengan seri sebelumnya yang hanya memiliki satu port USB-C dan satu port USB-A, sedangkan kini dibekali dengan dua colokan USB C. Shuman menjelaskan bahwa dua model PS5 baru yang dilengkapi dengan disk yang dapat dilepas ini akan disertai dengan sebuah stand horizontal untuk menempatkan PlayStation. Stand vertikal baru dapat dibeli secara terpisah oleh pengguna dengan harga 30 dolar AS (sekitar Rp 471.000).

Kisaran harga PS5 Slim di Indonesia Rp 8-9 juta-an

Model PS5 baru akan tersedia mulai November 2023 di Amerika Serikat melalui pengecer tertentu dan direct.playstation.com. Setelah itu, kata Shuman, PS5 “Slim” akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang. Setelah stok model PS5 sebelumnya saat ini terjual habis, PS5 (Slim) baru akan menjadi satu-satunya model yang tersedia di pasar.

Amerika Serikat

  • PS5 dengan Ultra HD Blu-ray disc drive – 499,99 dollar AS (sekitar Rp 7,8 juta)
  • PS5 Digital Edition – 449,99 dollar AS (sekitar Rp 7 juta)

Eropa

  • PS5 dengan Ultra HD Blu-ray disc drive – 549,99 euro (sekitar Rp 9,1 juta)
  • PS5 Digital Edition – 449,99 euro (sekitar Rp 7,4 juta)
    Inggris
  • PS5 dengan Ultra HD Blu-ray disc drive – 479,99 poundsterling (sekitar Rp 9,2 juta)
  • PS5 Digital Edition – 389,99 poundsterling (sekitar Rp 7,5 juta)

Jepang

  • PS5 dengan Ultra HD Blu-ray disc drive – 66.980 yen (includes tax) (sekitar Rp 7 juta) PS5 Digital Edition – 59.980 yen (includes tax) (sekitar Rp 6,3 juta)

Di Indonesia ada rilisan harga untuk penjualan sekitar Rp 8-9 jutaan untuk kedua tipe PS 5.

Tertarik?

Ikuti terus perkembangan PS5 Slim dan pastikan menggunakan koneksi Internet berkualitas, seperti GlobalXtreme agar pengalaman bermain semakin seru. Sebagai penyedia jasa layanan Internet terbaik di Bali, GlobalXtreme juga memerhatikan setiap pelanggannya terkait keamanan data. GlobalXtreme selaku penyedia jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736 811.