Trik Integrasi Chat GPT yang Viral ke Whatsapp Bikin Efisiensi

Cara Integrasi Chat GPT yang Viral ke Whatsapp Bikin Layanan Pelanggan Lebih Efisien. Source. Unsplash,, freestocks

Perkembangan teknologi Artificial Intelegence (AI) semakin pesat dan sudah mulai diaplikasikan seperti yang dilakukan OpenAi lewat produk Chat GPT.

Sebuah aplikasi dan website yang bisa diakses di https://chat.openai.com/, Chat GPT disebut bisa menyaingi atau bahkan menggantikan keberadaan Google di masa depan. Tak sampai disitu saja, menurut informasi yang GlobalXtreme dapatkan melalui lansiran di Dailytimes dan Forbes, Chat GPT sudah mulai diaplikasikan di beberapa platform seperti Canva, Shopify, dan Meta lewat Facebook dan Whatsapp. Memasuki era teknologi kecerdasan buatan, ChatGPT merupakan solusi praktis terbaru yang membantu pengembang, pembuat konten, dan lainnya dalam meningkatkan efisiensi kerja karena memangkas waktu dan tenaga.

Jika Anda memiliki toko online atau kontak layanan pelanggan yang terhubung dengan Whatsapp mungkin teknologi AI ini bisa jadi “angin segar”. Namun, Anda belum dapat secara langsung atau resmi mengintegrasikan ChatGpt ke dalam akun Whatsapp.

Cara Mengintegrasikan ChatGPT dengan WhatsApp

Karena belum adanya cara langsung dan resmi untuk menghubungkan ChatGPT dengan Whatsapp, Anda bisa melakukan beberapaa trik tertentu untuk mengintegrasikannya. Selain itu perlu diingat bahwa trik ini tidaklah mudah untuk dilakukan dan kemungkinan besar Anda memerlukan ahli di IT dan programming yang bisa mencobanya karena harus membangun chatbot Whatsapp.

Metode 1

membuat bot WhatsApp dan mendaftarkannya pada API WhatsApp Business sehingga Anda diberikan tools untuk membangun chatbot.

Setelah itu, Anda perlu membuat flowchart untuk menentukan fungsi dan alur tentang bagaimana bentuk interaksi komunikasi dengan pengguna. Langkah selanjutnya, Anda perlu menyiapkan chatbot dasar dan mengujinya secara menyeluruh agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Setelah chatbot Whatsapp sudah berfungsi, Anda bisa menerapkannya dengan mentransfer chatbot ke ponsel sehingga siap untuk berinteraksi.

Kemudian, Anda perlu membuat akun OpenAI. Bukalah halaman kunci API dan buat password.

Anda bisa mengakses OpenAI API dan pastikan untuk selalu menyimpan password dengan aman karena itu adalah kata sandi otorisasi. Untuk menghubungkan keduanya, Anda perlu membuka kit pengembangan perangkat lunak yaitu WhatsApp Business API.

Setelah itu pilih opsi mengintegrasikan keduanya. Terakhir, uji integrasi kedua platform tersebut untuk mengetahui apakah chatbot dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Perhatikan bahwa ada kemungkinan WhatsApp akhirnya memblokir Anda jika tidak menemukan integrasi asli. Jadi langkah ini harus dilakukan dengan risiko Anda sendiri.

Metode 2

Untuk mengintegrasikan ChatGPT dengan WhatsApp, unduh kode dari GitHub. Jalankan server.py di terminal, diikuti dengan beberapa langkah lain untuk mengintegrasikan ChatGPT ke akun WhatsApp Anda.

  • Unduh kode dari GitHub
  • Klik ‘unduh zip’ untuk mengunduh file
  • Selanjutnya, jalankan file ‘Whatsapp-gpt-principal’ di terminal
  • Jalankan catatan ‘server.py’ di terminal
  • Sekarang, masukkan ‘Is’ dan tekan enter
  • Masukkan ‘server python.py’. Ponsel Anda akan dikonfigurasi secara otomatis ke halaman OpenAI
  • Langkah selanjutnya adalah memverifikasi bahwa Anda adalah manusia. Centang kotak ‘Saya manusia’
  • Buka akun WhatsApp Anda dan Anda akan menemukan OpenAI ChatGPT terintegrasi di sana.

Pengembangan teknologi tak hanya dilakukan oleh Open AI lewat Chat GPT saja tetap juga oleh GlobalXtreme yang menjadikan hal tersebut komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

GlobalXtreme sebagai perusahaan jasa layanan Internet Fiber Optic no. 1 di Bali juga berkomitmen terus berdampak bagi kemajuan teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat. Kami memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui jaringan infrastruktur yang memadai, teknisi berpengalaman, dan layanan customer service 24/7. GlobalXtreme memberikan penawaran layanan Internet mulai dari 300.000 rupiah dengan kecepatan 75 Mbps sampai 1 Gbps (Dedicated Link) dan untuk info lebih lanjut hubungi (0361) 736-811.