Waspada Penipuan Phishing VoIP dari Para Cybercriminal!

VoIP jadi salah satu metode phising terfavorit dalam dunia cybercrime. source Adobe

Kini semakin marak ancaman kejahatan siber yang menjadi sorotan adalah menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Dalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital, khususnya berhubungan dengan Internet, beragam kemajuan teknologi telah membawa kita pada era kemudahan yang progresif. Namun, kemajuan ini juga membuka celah bagi kegiatan ilegal yang semakin canggih, termasuk di dalamnya penipuan phishing menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Apa itu VoIP?

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan pengiriman suara dalam bentuk data melalui jaringan Internet atau jaringan IP. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui Internet, dengan mengubah suara analog menjadi digital dan mengirimkannya melalui jaringan IP. VoIP memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan biaya yang lebih rendah daripada menggunakan sistem telepon tradisional.

Teknik yang melibatkan manipulasi teknologi VoIP untuk menipu pengguna agar menyerahkan informasi sensitif ini, telah berkembang menjadi alat favorit di antara para cybercriminal.

Dilansir dari techadvisory.org, GlobalXtreme selaku perusahaan jasa layanan Internet yang menaruh perhatian besar pada keamanan pelanggannya akan mengupas alasan mengapa teknik penipuan ini menjadi favorit para pelaku kejahatan siber dan mengungkapkan cara bagaimana bisnis Anda dapat terlindung dari ancaman ini.

Penyamaran canggih melalui teknologi VoIP: alasan dibalik pemilihan metode phishing

1. Mudah untuk menciptakan nomor palsu

Berbeda dengan sistem telepon tradisional, teknologi VoIP memungkinkan para cybercriminal untuk dengan mudah menghasilkan nomor telepon virtual. Kemampuan ini memudahkan mereka untuk menyamar sebagai pihak legit seperti bank atau lembaga pemerintah, membuat korban terjebak dan memberikan informasi sensitif.

2. Pengaturan yang mudah, tetapi pelacakan sulit

VoIP menawarkan kemudahan dalam pengaturan, hanya memerlukan koneksi Internet dan perangkat lunak atau perangkat keras yang sesuai. Kenyataan ini memungkinkan para penipu untuk cepat melancarkan skema penipuan mereka tanpa memerlukan infrastruktur yang rumit. Selain itu, panggilan VoIP yang melintasi berbagai jaringan dan negara membuat para penegak hukum kesulitan untuk melacak para pelaku. Hal ini memungkinkan para pelaku beroperasi tanpa terdeteksi.

3. Manipulasi ID penelepon

VoIP memungkinkan manipulasi informasi ID penelepon, di mana penipu dapat dengan mudah mengubah tampilan nomor atau nama pada ID penelepon. Praktik ini menambahkan lapisan keotentikan pada panggilan palsu sehingga meningkatkan kemungkinan korban menjawab panggilan phishing tersebut.

4. Efisiensi biaya penipuan VoIP

Dibandingkan dengan panggilan jarak jauh menggunakan telepon tradisional, tarif panggilan VoIP jauh lebih murah. Hal ini memungkinkan penipu untuk melaksanakan kampanye phishing skala besar tanpa membebani anggaran mereka.

5. Lindungi Bisnis Anda dari Penipuan Phishing VoIP

Di tengah maraknya penipuan berbasis VoIP, sangat penting bagi bisnis Anda untuk menetapkan kebijakan ketat dalam berbagi informasi dan menerapkan proses keamanan yang ketat untuk semua bentuk komunikasi. Dengan menetapkan panduan yang jelas tentang cara berbagi, menyimpan, dan mengakses informasi sensitif, maka mengurangi secara signifikan risiko bisnis terhadap upaya phishing VoIP.

Kompetensi karyawan mengenai berbagai bentuk serangan phishing, termasuk penipuan VoIP, juga menjadi faktor penting yang harus menjadi perhatian. Program pelatihan reguler dapat meningkatkan kesadaran karyawan untuk mengidentifikasi upaya phishing dan melatih respons dengan tepat, seperti kemampuan untuk menahan diri dari pancingan yang dilakukan pelaku meminta informasi sensitif melalui telepon tanpa verifikasi.

Pertahanan Anda dapat lebih diperkuat dengan bermitra dengan ahli keamanan siber yang mengkhususkan diri dalam pencegahan penipuan. Para profesional ini dapat menilai kerentanan spesifik organisasi Anda dan merumuskan strategi yang dapat disesuaikan untuk mengurangi risiko potensi adanya penipuan berbasis VoIP serta bentuk ancaman siber lainnya.

Di era digital saat ini, penipuan phishing VoIP muncul sebagai ancaman yang semakin meningkat, dengan pelaku kejahatan siber yang terus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi terkini. Mengenali indikasi dan faktor yang berpotensi terjadinya penipuan dengan cara ini adalah dengan membangun pertahanan yang efektif. Dengan pemahaman yang mendalam dan strategi keamanan yang tepat, bisnis Anda dapat melindungi diri dari ancaman yang terus berkembang ini, menjaga integritas informasi dan kepercayaan pelanggan.

GlobalXtreme sebagai perusahaan jasa layanan Internet berkomitmen mengedukasi pelanggan untuk lebih waspada terhadap segala jenis kejahatan siber. Pastikan menggunakan koneksi Internet berkualitas, seperti GlobalXtreme yang memiliki layanan 24/7 dan harga yang sebanding dengan kualitas mulai dari Rp 300.000 per bulan untuk 100 Mbps lewat Xtreme Lite 100. Cek cakupan di area Anda sekarang dengan klik link ini.